Definisi Pengertian Bilangan Bulat dan Contoh Soal

RuangPintar.com - Pengertian Bilangan Bulat dan Contoh Soalnya. Tujuan utama pokok bahasan ini tentunya siswa diharapkan untuk mampu dan dapat memahami mengenai sifat operasi hitungan baik bilangan bulat maupun pecahan dan juga mampu mengerjekan soal.

Tahukah anda jika sebenarnya bilang bulat merupakan kumpulan dari bilangan cacah dimana tersusun secara sistematis baik posifit maupun negatif yang dimasukkan tanpa ada komponen biak peceahan maupun desimal.

Pengertian Bilangan Bulat

Seperti yang dikutip RuangPintar.com dari sumber Wikipedia, Bilangan bulat merupakan himpunan dari beragam bilangan baik asli, cacah, nol, prima, negatif, positif, ganjil, genap, satu, komposit dan masih banyak lagi yang mencakup hampir seluruh elemen bilangan keculai pecahan, irrasional, maupun imajiner.

Sejarah bilangan bulat berawal dari bahasa Jerman yakni "Zahlen" yang berarti "Bilangan" d\yang memiliki lambang Z. Lambang tersebut juga memiliki arti jumlah dan hasil kali dua bilangan bulat juga bilangan bulat. Namun berbeda dengan bilangan asli, Z juga tertutup di bawah operasi pengurangan. Hasil pembagian dua bilangan bulat belum tentu bilangan bulat pula, karena itu Z tidak tertutup di bawah pembagian.

Bilangan Bulat Positif

Nah bilangan bulat sendiri terdiri atas banyak bilangan, salah satunya yakni positif yang tentunya tersusun secara sistematis dari 1 hingga keatas dan seterusnya seperti { 1, 2, 3, 4, 5, ....}.

Bilangan Bulat Negatif

Begitupun dengan bulat negatif yang tentunya diawali dari angka negaktif dan terus kabawah seperti halnya  { .... -5, -4, -3, -2, -1 }.

Contoh Soal Bilangan Bulat

berikut 7 soal materi bilangan bulat dilengkapi kunci jawabannya
1.  Hasil dari  21 : (3 – 10) + 4 × (–2)  = …
A.  –11  C.   5
B.  –5    D.  11

Kunci Jawaban: A
21 : (3 – 10) + 4 × (–2)
= 21 : – 7 – 8
= – 3 – 8
= – 11

Baca Juga : Pengertian Bilangan


Definisi Pengertian Bilangan Bulat dan Contoh Soal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: warta ponsel

0 komentar:

Posting Komentar