14 Definisi Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli

Prestasi Belajar

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli. Tentunya kata prestasi juga sudah tak asing lagi bagi para pembaca sekalian, ya secara umum kata tersebut memiliki arti yakni sebuah hasil yang dicapai dari usaha dan kerja keras dalam bentuk penghargaan, ucapan selamat, (reward) yang juga bisa dalam bentuk benda.

Sebuah Prestasi juga dapat diartikan sebagai bentuk usaha dan kerja keras dalam mengatasi segala masalah, hambatan, maupun hasil pengamatan maupun pengukuran terhadap uji pertama dan kedua yang tentunya mengalami peningkatan dari segala hal.

Tentunya dalam belajar juga terlihat beragam perubahan yang dihasilkan dari setiap usaha maupun kerja keras, tentunya baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Jika dilihat dari sisi pendidikan dimana seorang siswa yang tengah belajar berhitung lalu kemudian pandai berhitung hal tersebut merupakan sebuah perubahan dan dapat disebut sebagai prestasi belajar.

Tak hanya itu, beragam definisi prestasi belajar juga dikemukakan oleh berbagai ahli yang turut memperkuat mengenai makna dari prestasi itu sendiri yang merupakan sebuah hasil dari kerja keras dalam mengubah keadaan. Untuk lebih jelasnya mari simak selengkapnya mengenai definisi prestasi belajar menurut para ahli berikut ini:

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli

1. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Gagne (1985:40)

Menyatakan bahwa prestasi belajar dibedakan menjadi lima aspek, yaitu : kemampuan intelektual, strategi kognitif, informasi verbal, sikap dan keterampilan.

2. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Bloom dalam Suharsimi Arikunto (1990:110)

Bahwa hasil belajar dibedakan menjadi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Prestasi merupakan kecakapan atau hasil konkrit yang dapat dicapai pada saat atau periode tertentu. Berdasarkan pendapat tersebut, prestasi dalam penelitian ini adalah hasil yang telah dicapai siswa dalam proses pembelajaran.

3. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Cronbach 

Learning is shown by a change in  behavior as a result of experience”. (“Belajar adalah memperlihatkan perubahan dalam perilaku sebagai hasil dari pengalaman”.)

4. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Harold Spears memberikan batasan:

“Learning is to observe, to read, to initiate, to try something themselves, to listen, to follow direction”. (Belajar adalah mengamati, membaca, berinisiasi, mencoba sesuatu sendiri, mendengarkan, mengikuti petunjuk/arahan.)

5. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Geoch, mengatakan :

“Learning is a change in performance as a result of practice”. (Belajar adalah perubahan dalam penampilan sebagai hasil praktek.)

6. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Fontana seperti yang dikutip oleh Udin S. Winataputra (1995:2)

Dikemukakan bahwa learning (belajar) mengandung pengertian proses perubahan yang relative tetap dalam perilaku individu sebagai hasil dari pengalaman

7. Pengertian belajar juga dikemukakan oleh Slameto (2003:2)

Yakni belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

8. Pengertian Belajar Menurut Thursan Hakim (2000:1)

Mengemukakan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampilkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dll.

9. Pengertian Belajar Menurut Winkel (1996:226)

Mengemukakan bahwa prestasi belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang. Maka prestasi belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar.

10. Pengertian Prestasi Menurut Harjati ( 2008: 43 )

Menyatakan bahwa prestasi merupakan hasil usaha yang dilakukan dam menghasilkan perubahan yang dinyatakan dalam bentuk simbol untuk menunjukkan kemampuan pencapaian dalam hasil kerja dalam waktu tertentu.

11. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Hetika ( 2008: 23 )

Prestasi belajar adalah pencapaian atau kecakapan yang dinampakkan dalam keahlian atau kumpulan pengetahuan.

12. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Asmara (2009 : 11)

Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai seseorang dalam penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan dalam pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan tes angka nilai yang diberikan oleh guru.

13. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Arif Gunarso (1993 : 77)

Mengemukakan bahwa prestasi belajar adalah usaha maksimal yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar. Prestasi belajar di bidang pendidikan adalah hasil dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan menggunakan instrumen tes atau instrumen yang relevan.

14. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Saifudin Anwar (2005 : 8-9)

mengemukakan tentang tes prestasi belajar bila dilihat dari tujuannya yaitu mengungkap keberhasilan seseorang dalam belajar. Testing pada hakikatnya menggali informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Tes prestasi belajar berupa tes yang disusun secara terencana  untuk mengungkap performansi maksimal subyek dalam menguasai bahan-bahan atau materi yang telah diajarkan.

Kesimpulan Prestasi Belajar

Pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang diperoleh akan membentuk kepribadian siswa, memperluas kepribadian siswa, memperluas wawasan kehidupan serta meningkatkan kemampuan siswa Dapat disimpulkan bahwa belajar itu senantiasa merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan, meniru dan lain sebagainya.

Juga belajar itu akan lebih baik kalau si subjek belajar itu mengalami atau melakukannya, jadi tidak bersifat verbalistik. Belajar sebagai kegiatan individu sebenarnya merupakan rangsangan-rangsangan individu yang dikirim kepadanya oleh lingkungan. Dengan demikian terjadinya kegiatan belajar yang dilakukan oleh seorang individu dapat dijelaskan dengan rumus antara individu dan lingkungan.

Selaras dengan pendapat-pendapat di atas,  Hal ini berarti bahwa peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seseorang diperlihatkan dalam bentuk bertambahnya kualitas dan kuantitas kemampuan seseorang dalam berbagai bidang. Dalam proses belajar, apabila seseorang tidak mendapatkan suatu peningkatan kualitas dan kuantitas kemampuan, maka orang tersebut sebenarnya belum mengalami  proses belajar atau dengan kata lain ia mengalami kegagalan di dalam proses belajar.

Belajar yang efektif dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan yang diharapkan sesuai dengan tujuan instruksional yang ingin dicapai. Untuk meningkatkan prestasi belajar yang baik perlu diperhatikan kondisi internal dan eksternal. Kondisi internal adalah kondisi atau situasi yang ada dalam diri siswa, seperti kesehatan, keterampilan, kemampuan dan sebagainya. Kondisi eksternal adalah kondisi yang ada di luar diri pribadi manusia, misalnya ruang belajar yang bersih, sarana dan prasarana belajar yang memadai.

Jadi prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada periode tertentu. Prestasi belajar merupakan hasil dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan menggunakan instrumen tes yang relevan.

Prestasi belajar dapat diukur melalui tes yang sering dikenal dengan tes prestasi belajar.  Dalam kegiatan pendidikan formal tes prestasi belajar dapat berbentuk ulangan harian, tes formatif, tes sumatif, bahkan ebtanas dan ujian-ujian masuk perguruan tinggi.

Pengertian prestasi belajar adalah sesuatu yang dapat dicapai atau tidak dapat dicapai. Untuk mencapai suatu prestasi belajar siswa harus mengalami proses pembelajaran. Dalam melaksanakan proses pembelajaran siswa akan mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan.

Nah demikian informasi dari RuangPintar.com mengenai “14 Definisi Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli”, Semoga Bermanfaat

Telah diupdate dari: Maret 2016

You May Also Like

About the Author: Admin Ruang Pintar

Bukan ahli cuma berbagi ilmu pengetahuan dan informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *