Definisi Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

RuangPintar.com - Definisi Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli. Dalam menerapkan sebuah konsep pemasaran tentunya harus turut diserta tips maupun strategi jitu agar dasar dari apa yang akan dilakukan dapat dicepai beserta maksud maupun tujuan termasuk dalam pemuasan kebutuhan.

Didalam sebuah strategi pemasaran tentunya turut tertuang berbagai tahapan yang nantinya akan dilaksanakan sesuai dengan strategi yang telah dibuat, dan hal tersebut juga turut berhubungan dengan situasi maupun kondisi dari lingkungan ekonomi yang menjadi sasaran pemasaran.

Nah sebelum membahas mengenai strategi apa saja yang akan digunakan terlebih dahulu kita pelajari mengenai pengertian strategi pemasaran yang akan dijabarkan dibawah ini.

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Ahli


Secara umum, strategi pemasaran merupakan suatu pengambilan keputusan mengenai biaya, bauran, dan alokasi pemasaran dalam hubungannya dengan keadaan lingkungan yang diharapkan serta kondisi persaingannya.



Di dalam strategi pemasaran ada tiga hal yang menjadi faktor utama penyebab perubahan strategi pemasaran kemungkinan bisa terjadi. Ketiga hal tersebut adalah daur hidup produk, posisi persaingan perusahaan di pasar, dan situasi ekonomi.


Ketiganya harus dijalankan dengan seimbang dan sesuai dengan prosinya masing-masing. Ada tahap-tahap daur hidup, yakni perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, dan kemunduran. Selanjutnya disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan di dunia bisnis. Terakhir, disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan ke depan.

Menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk sebuah produk barang dan jasa memang tidaklah mudah. Hal tersebut juga dipaparkan dalam pengertian pamenurut para ahli. Berikut ini adalah beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli tersebut.

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Philip Kotler

Strategi pemasaran adalah sebuah pola pikir pemasaran yang akan dipakai untuk mencapai tujuan pemasaran suatu perusahaan, bisa berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan besarnya pengeluaran pemasaran.

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Guiltinan dan Paul

Strategi pemasaran adalah pernyataan pokok mengenai dampak atau akibat yang diharapkan akan dicapai dalam hal permintaan pada target pasar yang ditentukan.

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Tjiptono

Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang dipakai untuk melayani pasar sasarannya.

Dalam suatu strategi pemasaran ada dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan pemasaran dari suatu perusahaan dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selau berubah-ubah dengan harapan dapat mencapai tujuan. Sebelum suatu perusahaan menetapkan strategi pemasaran yang akan dipakai, terlebih dahulu harus melihat situasi dan kondisi pasar serta menilai posisinya di pasar tersebut. Tujuannya agar dapat ditentukan kegiatan pemasaran apa yang cocok untuk diterapkan.

Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :

1. Daur hidup produk

Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

2. Posisi persaingan perusahaan di pasar

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

3. Situasi ekonomi

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

Baca Juga: Pengertian Manajemen

Definisi Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: warta ponsel

0 komentar:

Posting Komentar