Definisi Pengertian Peta

RuangPintar.com - Definisi Pengertian Peta, Peta Adalah dan Apa Itu Peta. Pengetahuan peta sudah dikenal manusia sejak sebelum masehi. Benda sejarah yang berhubungan dengan pembuatan peta adalah berupa lempengan tanah liat peninggalan bangsa Babilonia, Mesir dan Cina.

Saat ini orang dapat menggambarkan letak suatu tempat dengan gambar yang lebih baik, antara lain dengan melakukan perbandingan antara keadaan sebenarnya dengan gambar yang dibuat. Perbandingan itu disebut skala.
Contoh: untuk menggambarkan jalan yang panjangnya 10 Km cukup digambarkan sepanjang 10 cm. Oleh karena itu skala merupakan komponen yang sangat penting dalam penggambaran peta.

Definisi Pengertian Peta

Istilah peta berasal dari bahasa inggris, yaitu map. Adapun kata map berasal dari bahasa yunani yaitu mappa yang artinya taplak atau kain penutup meja.
Secara umum peta adalah gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu.
Ilmu yang mempelajari tentang peta disebut kartografi.

Peta merupakan alat yang penting dalam geografi karena mempunyai beberapa fungsi antara lain sebagai berikut:

1.    Menunjukkan posisi atau lokasi suatu wilayah di permukaan bumi
2.    Menggambarkan bentuk dan persebaran berbagai gejala dipermukaan bumi
3.    Menggambarkan kondisi fisik dan kondisi sosial suatu wilayah
Setiap orang yang berkecimpung dalam bidang geografi harus mampu menggunakan dan mebuat peta. Juga mengetahui berbagai macam peta dan penggunaannya.
Peta dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai gejala yang terdapat di permukaan bumi. Oleh karena itu untuk mempelajari peta dengan baik seseorang hendaknya memiliki berbagai macam pengetahuan meskipun hanya bersifat umum.
Selain bidang geografi, banyak instansi pemerintah maupun swasta  yang memerlukan peta.
Sebagai contoh, di bidang militer peta sangat penting untuk menggambarkan keadaan suatu wilayah, untuk merencanakan strategi perang antara lain gerakan pasukan, pengintaian penyerangan, pertahanan, dan tempat perbekalan.

Definisi Pengertian Peta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: warta ponsel

0 komentar:

Posting Komentar