Profil Biografi Alessandro Volta - Pencipta Baterai

RuangPintar.com -  Profil Biografi Alessandro Volta - Pencipta Baterai. Siapa yang tak kenal dengan tokoh yang satu ini tentunya karyanya masih tetap digunakan hingga saat ini dan dialah penemu atau pencipta Baterai pertama di dunia.

Tokoh yang memiliki nama panjang Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta atau yang terkenal adalah Alessandro Volta merupakan salah seorang tokoh fisikawan asal Italia yang lahir pada 18 februari 1745 di Como Italia. Dan meninggal di Como pada tanggal 5 maret 1827 pada umur yang sudah cukup renta yaitu 82 tahun. Beliau seorang fisikawan yang dikenal karena mengembangkan baterai pada tahun 1800.

Alessandro Volta selain sebagai ahli fisika, beliau pun seorang ahli kimia, pangeran, guru besar dan juga penemu beberapa benda yang yang berguna lainnya seperti tumpukan Volta, pistol listrik, lampu udara, dan masih banyak lagi karyanya.

Profil Biografi Alessandro Volta

Alessandro Volta adalah seorang pangeran, anak seorang bangsawan. Ia memiliki saudara kandung sembilan orang. Berbeda dengan anak pada umumnya, Volta baru bisa bicara pada usia 4 tahun, sehingga keluarganya pernah mengira bahwa Volta adalah anak terbelakang. Pada umur 14 tahun ia bercita-cita ingin menjadi ahli fisika. Dan akhirnya tercapailah, dan ia menjadi guru fisika SMA pada umur 29 tahun. Di dalam perjalanan seorang guru fisika, Alessandro Volta menemukan muatan listrik dengan jalan induksi.

Proses ini diulang berkali-kali hingga terdapat muatan yang kuat pada plat kedua. Mesin pengumpul muatan ini jadi dasar kondensator atau kapasitor sampai sekarang. Volta menjadi terkenal dan ia diangkat jadi guru besar di Universitas Pavia. Di sini ia membuat alat yang berhubungan dengan listrik statis. Akibat dari penemuan-penemuanya itu, iapun diangkat menjadi anggota Royal Society dan mendapat hadiah Medali Copley.



Pada tahun 1774, ia menjadi professor fisika di Royal School Como. Setahun setelah itu, ia memperbaiki dan memopulerkan sebuah perangkat yang menghasilkan listrik statis. Promosinya sangat luas, hingga terkenal dari tahun itu juga. Pada tahun antara 1776 sampai 1778, Volta banyak belajar mengenai kimia gas, Volta juga memelajari apa yang sekarang kita sebut kapasitansi listrik, pengembangan sarana terpisah untuk belajar baik potensial listrik.

Volta membuat baterai lalu dikreditkan sebagai sel elektrokimia pertama. Ini terdiri dari dua elektroda yaitu yang pertama terbuat dari seng, dan yang kedua dari tembaga. Dia terus melakukan percobaan lain selain membuat baterai. Alessandro Volta banyak menemukan komponen elektronika lainnya. Tidak sampai di situ, Alessandro Volta juga menemukan berbagai hal di bidang elektrostatika, meteorologi dan pneumatic.

Karena kecerdasan dan jasanya dalam menciptakan berbagai hal, pada tahun 1801 pun Sang Kaisar Prancis mengundang Alessandro Volta ke Paris untuk menggelarkan dan menunjukan penemuannya di The Academy of Sciences. Dan yang melihat penampilan itu pun, takjub akan bakat yang dimiliki Alessandro Volta. Dan itu membuat Alessandro Volta mendapat gelar “Count” dan medali emas.

Setelah bekerja keras dan banyak menciptakan berbagai penemuan penting, Volta pension pada tahun 1819 dalam Real di Camnago, dan Alessandro Volta meninggal pada 5 Maret 1827 lalu dimakamkan di Camnago Volta.

Demikian informasi dari RuangPintar.com seputar Profil Biografi Alessandro Volta, Semoga Bermanfaat

Profil Biografi Alessandro Volta - Pencipta Baterai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: warta ponsel

0 komentar:

Posting Komentar