Definsi Pengertian Diagram Venn

RuangPintar.com - Definsi Pengertian Diagram Venn. Pada mata pelajaran Matematika untuk SMP kelas VII semester genap tentunya telah dikenalkan dengan materi diatas, ya sejatinya Diagram Venn masih merupakan satu kesatuan dari kelanjutan materi mengenai himpunan.

Kebanyakan para siswa mengalami kesulitan dalam menentukan dan menyelesaikan mengenai soal-soal yang diberikan tentang Diagram Venn, padahal sejatinya materi ini sangat mudah. Nah sebelum melangkah lebih jauh lagi tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu diagram venn?

Pengertian Diagram Venn


Diagram Venn pertama kali diketemukan oleh John Venn, seorang ahli matematika dari Inggris yang hidup pada tahun 1834–1923. Dalam diagram Venn, himpunan semesta dinyatakan dengan daerah persegi panjang, sedangkan himpunan lain dalam semesta pembicaraan dinyatakan dengan kurva mulus tertutup sederhana dan noktah-noktah untuk menyatakan anggotanya. Untuk menyatakan suatu himpunan secara visual (gambar), Anda dapat menunjukkan dalam suatu diagram Venn.

Sedangkan berdasarkan kamus Wikipedia.org, Diagram Venn atau diagram set adalah diagram yang menunjukkan semua kemungkinan hubungan logika dan hipotesis di antara sekelompok (set/himpunan/grup) benda/objek.

Sebagai bagian ilmu matematika, diagram Venn ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1880 oleh John Venn untuk menunjukkan hubungan sederhana dalam topik-topik di bidang logika, probabilitas, statistik, linguistik dan ilmu komputer.

Agar Anda dapat memahami cara menyajikan himpunan dalam diagram Venn, pelajari uraian berikut.

Diketahui:

S = {0, 1, 2, 3, 4, ..., 9};
P = {0, 1, 2, 3, 4}; dan
Q = {5, 6, 7}

Himpunan S = {0, 1, 2, 3, 4, ..., 9} adalah himpunan semesta (semesta pembicaraan). Dalam diagram Venn, himpunan semesta dinotasikan dengan S berada di pojok kiri.

Perhatikan himpunan P dan Q. Karena tidak ada anggota persekutuan antara P dan Q, maka PΛQ = { }. Jadi, dapat dikatakan bahwa kedua himpunan saling lepas. Dalam hal ini, kurva yang dibatasi oleh himpunan P dan Q saling terpisah.

Selanjutnya, anggota-anggota himpunan P diletakkan pada kurva P, sedangkan anggota-anggota himpunan Q diletakkan pada kurva Q. Anggota himpunan S yang tidak menjadi anggota himpunan P dan Q diletakkan di luar kurva P dan Q. Diagram Venn-nya seperti Gambar 6.4 di bawah ini.

Definsi Pengertian Diagram Venn


Baca Juga: Pengertian Bilangan

Definsi Pengertian Diagram Venn Rating: 4.5 Diposkan Oleh: warta ponsel

0 komentar:

Posting Komentar