Definisi Pengertian Pendidikan Kewiraan

RuangPintar.com -  Definisi Pengertian Pendidikan Kewiraan. Pengertian Keputusan Menteri P dan K Nornor 0212/V/81 tentang Kurikulum Inti bagi perguruan Tinggi dan disusul penetapan kurikulum inti Mata Kuliah Dasar Umum (KKDU) oleh Ditjen Pendidikan Tinggi Nomor 025/DIKTI/Kep/1985 yang menetapkan bahwa pendidikan Kewiraan termasuk mata kuliah dasar umum yang wajib diikuti/ dipelajari oleh seluruh mahasiswa Indonesia.

Mahasiswa sebagai warga dan calon pimpinan bangsa Indonesia wajib dibekali kemampuan bela negara dalam rangka upaya mempertahankan dan mengamankan bangsa dan negara. Kemampuan itu diberikan melalui pendidikan pendahuluan bela negara (PPBN) yang tujuannya untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, meningkatkan keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai Ideologi bangsa, meningkatkan kesadaran rela berkorban untuk nusa dan bangsa serta membe-rikan kemampuan awal bela negara.

Kewiraan Kewarganegaraan Kewargaan  Negara adalah Tekad, sikap semangat seluruh warga negara secara teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut dengan dilandasi oleh tujuan dari PPBN itu sendiri.

Pengertian Pendidikan Kewiraan


PPBN dilakukan melalui dua faktor yaitu tahap awal yang diberikan kepada peserta didik sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah (SM) dan dalam kegiatan pendidikan luar sekolah, antara lain kepramukaan, yang diintegrasikan dengan mata pelajaran di sekolah sesuai dengan tingkatnya serta dalam tatap lanjutan diberikan kepada peserta didik/mahasiswa per-guruan tinggi/akademi/sekolah tinggi dalam bentuk Pendidi-kan Kewiraan, sehingga Pendidikan Kewiraan adalah Pendidi-kan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) tahap lanjutan. 

Pendidi-kan kewiraan bukan pendidikan kemiliteran atau wajib latih militer bagi mahasiswa yang menitikberatkan pencli,dikan pisik, tetapi Pendidikan Kewiraan lebih menitikberatkan pada kemampuan penalaran ilmiah yang bersifat kognitif tentang Bela Negara. 

Dalam rangka ketahanan Nasional; Pendidikan Kewiraan bersifat Intra Kulikuler atau wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa, sedang pendidikan kemiliteran (menwa) bersifat ekstra kulikuler. Istilah pendidikan Kewiraan merupa-, kan paduan dua kata, yaitu Pendidikan dan Kewiraan. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau latihan bagi peranannya dimasa mendatang.

Sedang kewiraan adalah berasal dari kata dasar Wira yang berarti satria, setia patriot, pahlawan. Setelah mendapat awalan ke- dan akhiran -an, menjadi Kewiraan yang berarti Kesadaran, kecintaan, kesetiaan dan keberanian membela bangsa dan tanah air Indonesia.

Definisi Pengertian Pendidikan Kewiraan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: warta ponsel

0 komentar:

Posting Komentar