Pengertian Wawasan Nusantara | Hakikat, Tujuan dan Fungsi

Ruang Pintar - Pengertian Wawasan Nusantara | Hakikat, Tujuan dan Fungsi Menurut Para Ahli. Tentunya kita semua tidak asing dengan kata wawasan, bahkan dalam proses pembelajaran, pergaulan merupakan bagian untuk meningkatkan serta menambah wawasan kita ataupun pengetahuan dari setiap pengalaman dan segala proses yang telah terjadi maupun kita lalui terlebih lagi dalam hal wawasan nusantara.

Arti Hakikat Wawasan Nusantara sebenarnya begitu luas karena tentunya menyangkut pola ataupun sudut pandang dari yang mengartikan. Namun jika secara umum makna wawasan nusantara lebih ke cara pandang dan sikap suatu bangsa mengenai bangsanya sendiri seperti sosial, ekonomi, budaha, politik, geofrainya dan lainnya.

Hakikat Wawasan Nusantara

Hakikat wawasan nusantara yaitu hakikat yang senantiasa utuh dengan menyeluruh dalam lingkup nusantara untuk kepentingan nasional, tanpa menghilangkan kepentingan yang lain seperti kepentingan daerah, kelompok, serta individual.

Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara dimana cara pandang yang ada di dalam nusantara untuk mencapai keutuhan nasional. Jadi, hakikat wawasan nusantara adalah dimana sikap danmenunjukkankalau kita adalah warga negara Indonesia yang mempunyai peran utama untuk memajukan Indonesia.

Pengertian Wawasan Nusantara | Hakikat, Tujuan dan Fungsi
Pengertian Wawasan Nusantara | Hakikat, Tujuan dan Fungsi


Dengan begitu setiap orang dapat berperan serta dalam kesatuan negara Indonesia. Hal semacam ini dapat mencegah perpecahan antar warga negara yang kerap menyebabkan permasalahan dalam negara.

Oleh karenanya dengan berpedoman pada wawasan nusantara kita dapat melindungi keutuhan bangsa dengan mendukung pembangunan nasional yang sesuai dengan tujuan nasional. Kondisi ini diwujudkan untuk mencapai tujuan nasional yang sukses.

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Prof. Dr. Wan Usman,
Pengertian wawasan nusantara menurut definisi prof. Dr. Wan Usman adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

Kel. Kerja LEMHANAS,
Pengertian wawasan nusantara menurut definisi Kel. Kerja LEMHANAS (Lembaga Pertahanan Nasional) 1999 adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungan yang beragam dan bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN,
Pengertian wawasan nusantara menurut definisi Tap MPR tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Fungsi Wawasan Nusantara

Terdapat berbagai fungsi wawasan nusantara yang baik secara umum, menurut pendapat para ahli dan pembagiannya antara lain sebagai berikut.
  • Fungsi wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional adalah sebagai konsep dalam pembangunan, pertahanan keamanan dan kewilahayan.
  • Fungsi wawasan nusantara sebagai pembangunan nasional adalah mencakup kesatuan politik, sosial dan ekonomi, sosial dan politik, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.
  • Fungsi wawasan nusantara sebagai pertahanan dan keamanan adalah pandangan geopolitik Indonesia sebagai satu kesatuan pada seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.
  • Fungsi wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan adalah pembatasan negara untuk menghindari adanya sengketa antarnegara tetangga.

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan wawasan nusantara adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan rakyat indonesia yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa atau daerah. Kepentingan tersebut tetap dihargai agar tidak bertentangan dari kepentingan nasional.

Tanpa memiliki wawasan tentunya seseorang akan mengalami ketertinggalan baik dalam hal apapun terlebih lagi dalam skala nasional maupun internasional. Jadi sebuah wawasan itu penting terlebih mengenai bangsa dan negara sendiri, untuk itu teruslah berproses demi wawasan yang luas sebagai modal untuk memajukan bangsa dan negara.

Pengertian Wawasan Nusantara | Hakikat, Tujuan dan Fungsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: warta ponsel

0 komentar:

Posting Komentar