Definisi Pengertian Produk Nasional Bruto (PNB) / Gross National Product (GNP)

RuangPintar.com - Definisi Pengertian Produk Nasional Bruto (PNB) / Gross National Product (GNP). Tentunya sebelum melangkah lebih jauh mengenai materi ini tak ada salahnya untuk menjawab beberapa pertanyaan mengenai apa itu PNB, GNB atau yang lebih dikenal dengan Produk Nasional Bruto yang akan coba kami jelaskan dibawah ini. Dalam perhitungan pendapatan nasional, terdapat beberapa komponen penting yaitu:

Produk Nasional Bruto (PNB) / Gross National Product (GNP)


Pengertian GNP (Gross National Product) merupakan standar umum untuk mengukur kegiatan ekonomi dalam suatu negara. Di dalam produk nasional bruto, nilai semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara selama satu periode tertentu dihitung  untuk melihat besarnya pendapatan nasional, yang dihitung dalam GNP adalah produksi yang dilakukan oleh penduduk negara yang bersangkutan, baik yang berada di dalam maupun di luar negeri. Barang dan jasa yang dihasilkan oleh orang asing yang sedang berada di negara tersebut tidak dihitung.

Namun, barang dan jasa yang dihasilkan penduduk negara tersebut di luar negeri akan diterima kembali dan transaksi penerimaan kembali itu disebut sebagai "pembayaran dari luar negeri." Barang dan jasa yang dihitung dengan menggunakan GNP adalah hanya barang dan jasa yang final atau akhir saja. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi perhitungan berulang.

Contoh: kita tidak menambahkan harga sebuah chip pada harga sebuah komputer. Namun, harga yang harus dibayar oleh konsumen pembeli komputer itu sudah termasuk harga chip tersebut. GNP juga hanya memperhitungkan barang-barang yang baru saja. Penjualan mobil bekas atau penjualan telepon seluler second, tidak diperhitungkan dalam GNP. Hal ini dilakukan karena penjualan semacam itu tidak menambah produksi negara, namun hanya memindah-tangankan produk dari satu orang keorang yang lain.

Cara Menghitung GNP


Dalam menghitung GNP, para ahli ekonomi mengukur aktivitas ekonomi dalam empat hal, yaitu:
  1. Pengeluaran Konsumen, yang digolongkan dalam kegiatan konsumen merupakan barang atau jasa yang dibeli oleh konsumen untuk kegunaan langsung mereka. Contohnya: sabun, sikat gigi, dan sebagainya.
  2. Pengeluaran Produsen atau Bisnis, dalam melakukan bisnisnya, para produsen melakukan berbagai aktivitas ekonomi dengan menggunakan berbagai peralatan, mesin-mesin, bangunan, dan sebagainya yang digunakan untuk memproduksi barang.
  3. Pengeluaran Pemerintah, untuk menggerakkan kegiatan ekonomi, pemerintah memproduksi dan membeli berbagai jasa dan barang. Barang dan jasa itu beragam, mulai dari peralatan kantor hingga pesawat terbang.
  4. Pengeluaran untuk pembelian barang dan jasa ekspor (Ekspor Netto),  Ekspor Netto merupakan selisih antara ekspor dan impor. Angka ini bisa positif, juga bisa negatif. Tergantung apakah negara itu lebih banyak mengekspor daripada mengimpor ataukah lebih banyak mengimpor daripada mengekspor.

Definisi Pengertian Produk Nasional Bruto (PNB) / Gross National Product (GNP) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: warta ponsel

0 komentar:

Posting Komentar