Definisi Pengertian Pendapatan Nasional

RuangPintar.com - Definisi Pengertian Pendapatan Nasional. Mungkin bagi sebagian pembaca bertanya-tanya apasih yang dimaksud dengan hal diatas dan bagaimana cara menghitungnya atau bahkan darimana asalnya?, nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendapatan nasional yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Pendapatan nasional dapat didefinisikan dengan tiga cara:
  • Nilai seluruh produk (barang dan jasa) yang diproduksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu.
  • Jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh faktor produksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu.
  • Jumlah pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu.

Pengertian Pendapatan Nasional

Pendapatan atau income adalah uang yang diterima oIeh seseorang dan perusahaan dalam bentuk gaji, upah, sewa, bunga, dan laba, termasuk juga beragam tunjangan, seperti kesehatan dan pensiun. Dalam analisis ekonomi makro, istilah pendapatan menunjuk pada aliran penghasilan dari penyediaan faktor-faktor produksi untuk periode tertentu. Dalam analisis ekonomi makro, istilah pendapatan menunjuk pada pendapatan nasional suatu negara.

Kita mengetahui pelaku-pelaku ekonomi dalam Arus kegiatan ekonomi dalam suatu negara secara sederhana, yaitu rumah tangga (konsumen) dan perusahaan (produsen). Rumah tangga menyalurkan faktor-faktor produksi kepada perusahaan, untuk itu mereka memperoleh pendapatan.

Dengan menggunakan faktor-faktor produksi tersebut, perusahaan memproduksi berbagai produk (barang dan jasa) yang kemudian dijual kepada konsumen. Biaya yang dikeluarkan konsumen untuk mendapatkan barang dan jasa tersebut dinamakan pengeluaran.

Inilah asal-usul ketiga definisi pendapatan nasional di atas, sehingga menjadi jelas bahwa pendapatan nasional dapat dihitung dengan tiga cara atau pendekatan, yaitu dengan meng-hitung pendapatan nasional, menghitung produk nasional, dan menghitung jumlah pengeluaran nasional. Apabila dihitung, baik pendapatan, produksi, maupun pengeluaran nasional, jumlah atau nilainya akan sama, karena ketiganya berada dalam diagram arus perputaran yang sama.

Sumber: Adji, Wahyu., dkk

Definisi Pengertian Pendapatan Nasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: warta ponsel

0 komentar:

Posting Komentar