Definisi Pengertian Bilangan dan Macam-Macam Bilangan Beserta Contoh

RuangPintar.com - Pengertian Bilangan dalam Pelajaran Matematika. Tahukah anda jika bilangan merupakan salah satu simbol maupun lambang yang digunakan dalam konsep perhitungan atau yang biasa dikenal dengan matematika dengan menjadi satuan untuk pencacahan maupun pengukuran dan biasanya diwakilkan dalam bentuk angka maupun lambang dari bilangan itu sendiri.

A. Definisi Pengertian Bilangan

Definisi Bilangan juga lebih ke arah nilai satuan dimana guna menyatakannya digunakan lambang yang biasanya disebut dengan angka karena merupakan kumpulan (0,1,2,3,4,5,6,7,8, dan 9). Namun uniknya angka-angka yang mewakili tersebut tak memiliki nilai satuan hanya bilangan yang memiliki nilai satuan, jadi kesimpulannya bilangan merupakan kumpulan dari angka baik 0-9 yang telah memiliki nilai satuan tersendiri.

B. Jenis dan Macam Bilangan

Suatu bilangan masih dibagi menjadi beragam jenis seperti halnya primer, cacah, rasional dan irasioanl, real, imajiner, asli, negatif, ganjil, genap, prima, komposit dan masih banyak lagi yang kesemuanya turut diwakili dengan lambang ataupun angka.

Pengertian Bilangan Kompleks

Bilangan Kompleks adalah bilangan yang memiliki format a + bi, dengan a dan b adalah bilangan real, dan i adalah bilangan imajiner. Bilangan kompleks biasanya disimbolkan dengan lambang C. Contoh: 4 + 7i, dengan i adalah bilangan imajiner.

Pengertian Bilangan Imajiner

Bilangan Imajiner adalah bilangan yang berbentuk sqrt -1 (sqrt = square root / akar kuadrat). Atau dengan kata lain, jika bilangan ini dikuadratkan, akan menghasilkan -1 (i^2 = -1 dengan ^ adalah pangkat). Bilangan ini dikatakan imajiner, karena bilangan ini sebenarnya tidak ada (hanya khayalan) atau tidak dapat dijelaskan secara nyata keberadaannya. 

Pengertian Bilangan Real

Bilangan Real adalah bilangan yang dapat dituliskan dalam bentuk desimal. Bilangan ini terdiri dari bilangan rasional dan bilangan irrasional. Bilangan real, umumnya disimbolkan dengan lambang R. Contoh: 3 ; 3,141455 ; 47,2013.

Pengertian Bilangan Rasional

Bilangan Rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan (perbandingan). Yaitu dinyatakan dalam bentuk a/b dengan a dan b adalah bilangan bulat dan b tidak sama dengan nol. Bilangan rasional umumnya dinyatakan dalam simbol Q. Contoh: 5 ; 2,121212 ; 4/7.

Bilangan Irrasional 

Bilangan Irrasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk perbandingan (pecahan). Contoh: phi (3,1415926...), sqrt 2, bilangan Euller (e = 2,7182818...).

Definisi Pengertian Bilangan dan Macam-Macam Bilangan Beserta Contoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: warta ponsel

0 komentar:

Posting Komentar